feed me
Jumat, 12 Maret 2010

Hari Senin, 2 Maret 2010, Kami anak-anak jurusan TKJ (Teknologi Komputer dan Jaringan)melaksanakan praktek pembuatan kompos dari daun-daun kering yang berjatuhan di atas tanah. Dalam melakukan praktek kami didampingi oleh guru kami yaitu Bu Sri Wuryatmini selaku guru pembimbing mata pelajaran IPA di kelas dua TKJ. Praktek berlangsung lancar, padahal hari tersebut kami selaku kelas 2 berangkat sekolah pukul 09.00 pagi, dikarenakan ada beberapa kelas yang digunakan untuk pelaksanaan Try Out pada hari itu juga. Pembuatan kompos dilakukan dalam dua jam pelajaran. Ternyata sungguh menarik proses pembuatan kompos itu.

Dibawah ini akan saya berikan sedikit tentang bagaimana cara pembuatan kompos menurut apa yang saya lakukan pada hari itu :
  1. Siapkan Drigen dari rumah yang sudah dilubangi, yang berfungsi sebagai aliran udara ventilasi ketika terjadi pembusukan. Adapun pelubangan dapat dilakukan dengan cara menusuk-nusuk kulit drigen menggunakan paku yang dipanaskan atau apa saja yang sekiranya dapat melubangi drigen.
  2. Siapkan pupuk kompos, biasanya dapat dibeli dikedai-kedai bunga pinggir jalan. Pupuk ini berfungsi sebagai pencampur agar proses pembusukan berlangsung tidak terlalu lama.
  3. Siapkan daun-daun kering yang nantinya akan dicampur dengan pupuk kompos tadi. Usahakan yang benar-benar kering.
  4. Sobek-sobek atau rajang daun-daun tersebut hingga menjadi kecil-kecil.
  5. Campurkan daun-daun yang sudah dirajang dengan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1 (dikira-kira banyaknya sama dengan daun yang dirajang)
  6. Setelah merata masukkan kedua bahan oplosan  tadi ke dalam drigen dengan hati-hati, karena pupuk kompos biasanya mengandung kotoran, seperti kotoran kambing.dsb. Jangan sampai kotoran itu digunakan untuk mainan.
  7. Setelah selesai, tutup drigen dengan rapat kemudian kocok supaya apa yang ada didalam tambah merata.
  8. Simpan di tempat yang sejuk dan diamkan selama kurang lebih 1 minggu.
Begitulah kurang lebihnya cara membuat pupuk kompos sederhana, mudah bukan ....... saya percaya teman-teman sekalian dapat membuatnya... asal ada kemaua. Tujuan daripada keiatan ini bukan lain untuk meningkatkan ide-ide kreatif terhadap pemanfaatan suatu barang yang tadinya dianggap tidak berguna, namun setelah kita olah ternyata barang tersebut dapat bermanfaat bagi kita.

Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar