feed me
Rabu, 13 Januari 2010

Pertama-tama marilah kira panjatkan puja dan puji syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena pada kesempatan ini Kalian tidak ngantuk, kalau ngantuk ya nggak bisa baca artikel ini dech....., []


Coba kita amati di sekeliling kita, yaitu pada waktu kita disekolah, mungkin salah satu dari temen-temen kita ada yang enak-enakkan tidur, atau ketiduran...... sedangkan anak-anak yang lainnya asyik menikmati materi pelajaran yang sedang disampaikan oleh bapak ibu guru, seperti gambar di bawah ini., kayak tidur nggak ngerasa dosa aja ya....ha.haaa.



Kalau dunia pendidikan di Indonesia, kayak gini...apa kata dunia....? Yang lain pada belajar malah enak-enakkan tidur. Sayangkan, yang seharusnya kita dapat materi ternyata kita ketinggalan akibat kita tertidur.


Siswa-siswi mengantuk bahkan sampai tidur di kelas disebabkan oleh beberapa faktor, misal : Kurang tidur (jelas), gaya hidup yang tak beraturan. dsb Ada beberapa etika atau kalau nggak paham etika, tata cara mengatur agar tidur kita berkualitas, sehingga kita tidak nambah tidur lagi deh di kelas alias ngilerrr.....


Okelah Kalau Begitu, setelah aku baca beberapa artikel di beberapa sumber (internet, majalah NAKITA, dll)

ada beberapa faktor...agar tidur kita itu berkualitas.

 
1. Doa sebelum tidur
itu jelas, kalian pasti sudah tahu semua kalau dengan do'a semua temen-temen kalian pada menyingkir seperti : jin, setan, wewe gombel dll. {maaf bukan menjelek-jelekkan tapi ngepaske}

2. Miliki waktu tidur dan bangun yang teratur setiap hari, termasuk saat liburan
Tubuh kita memiliki siklus tidur dan bangun (terjaga) yang diatur oleh jam biologis (circadian clock) di dalam otak dan tubuh memerlukan keseimbangan saat tidur dan bangun. Waktu bangun tidur yang teratur di pagi hari dapat memperkuat fungsi biologis dalam tubuh dan menolong Kalian untuk tidur pada saatnya.
 
3. Relaksasi
Lakukan persiapan untuk relaks menjelang tidur dengan rutin, misalnya berendam di air hangat atau dingin, kemudian membaca atau mendengarkan musik, kalau yang suka . Kegiatan dapat membuat waktu tidur Kalian menjadi lebih menyenangkan serta menjauhkan dari tekanan atau kegelisahan yang membuat Kalian semakin sukar tidur. Beberapa kegiatan yang sebaiknya Kalian hindari menjelang waktu tidur adalah: bekerja, membayar tagihan, memainkan games yang bernuansa kompetitif, atau memikirkan penyelesaian masalah keluarga.

4. Ciptakanlah kondisi tempat tidur yang kondusif.
Buatlah kondisi kamar tidur yang Kalian perlukan untuk dapat beristirahat dengan baik, misalnya dingin (tidak terlalu panas), tenang, gelap, dan nyaman, dipasang foto ku, bagi  suka boneka, bawa boneka semuanya buat temen tidur. Pastikan juga kamar tidur Kalian bebas dari suara berisik atau gangguan lain, termasuk dengkuran, cahaya yang terlalu terang, atau keadaan yang terlalu kering dan panas. Jika memungkinkan, alat-alat seperti penutup telinga, kipas angin, atau sesuatu yang dapat membuat Kalian lebih sejuk dapat digunakan juga.

5. Alas tidur.
Gunakan alas tidur, bantal-guling yang tidak terlalu keras dan nyaman. Pastikan Kalian memilih alas tidur dan bantal-guling yang aman dan nyaman, serta buatlah ruangan tidur Kalian cukup menarik dan mengundang Kalian untuk tidur. Namun, pastikan juga semuanya terbebas dari sesuatu yang dapat membuat Kalian alergi atau membuat Kalian tergelincir dan terjatuh ketika Kalian terjaga pada waktu malam.

6. Jangan makan makanan berat 2-3 jam sebelum tidur.
Maksudnya makan makanan berat itu bukan makan palu, batu, dan sejenisnya , yang dimaksud makanan berat ya seperti makan nasi sepiring, bakso. Mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur dapat membuat malam hari kalian tidak nyaman. Selain itu, terlalu banyak minum juga akan membuat Kalian semakin mudah pergi ke kamar mandi. Namun jika kalian merasa lapar, lebih baik kalian mengonsumsi makanan ringan yang sehat. Hal itu tentu akan lebih membantu kalian tidur nyenyak.

7. Olahraga dengan teratur, tapi jangan menjelang waktu tidur. 
Berolahraga secara teratur juga dapat meningkatkan kualitas tidur Kalian. Namun, jangan melakukan dengan berlebihan atau menjelang tidur. Selesaikan olahraga atau aktivitas fisik Kalian setidaknya tiga jam sebelum tidur.

8. Jangan minum kopi, alkohol, nikotin satu jam sebelum tidur. 
 Kafein atau nikotin adalah stimulant yang dapat membuat Kalian susah tidur. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, minuman ringan, dan coklat dapat mengingatkan tubuh Kalian untuk terjaga selama 3-5 jam. Pada beberapa orang, efeknya bahkan bisa sampai 12 jam setelah mengonsumsi. Menghindari kafein selama 6-8 jam sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur Kalian. Sementara itu, nikotin dapat menyebabkan masalah bangun di waktu pagi, bahkan mimpi buruk. Susah tidur adalah salah satu alasan untuk berhenti merokok. Jangan pernah merokok di tempat tidur atau ketika Kalian tidur!

9. Konsultasi kepada pakarnya.  
Ketika Kalian mengalami masalah dalam tidur. Bagi Kalian yang mengalami susah tidur atau bahkan insomnia, meski beberapa saran praktis di atas sudah Kalian lakukan, ada baiknya Kalian segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang dapat membuat Kalian menikmati manfaat dari tidur yang benar, yang penting kalian bawa uang aja yang banyak.....

Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar