feed me
Selasa, 12 Januari 2010


Internet merupakan salah satu jendela dunia, dimana kita bisa mencari apa saja dengan cara mengetikkan kata kunci atau key word, maka kita akan langsung menemukan artikel apa yang sedang kita cari seperti : melalui situs pencari google.com, kita di sana dapat mencari apa saja baik yang positif, maupun yang negatif semuanya tersedia. Itu semua merupakan salah satu kemajuan dalam perkembangan IPTEK lebih-lebih dalam lingkup ICT.


Pandangan dari sudut ICT


Dengan ICT kita bisa menunjukkan fenomena yang sulit dilakukan dengan praktek langsung. Fenomena yang cepat bisa diperlambat (misalnya dengan bantuan komputer), sehingga kita bisa mengamati fenomena tersebut dan fenomena yang lambat sekali bisa dipercepat. ICT bisa juga untuk menunjukan 'demonstrasi sistem yang ideal' (yang sulit dilakukan dalam praktek). Fleksibel bukan.....


ICT juga bisa digunakan untuk mengolah data. Tapi untuk menerapkan ini di sekolah-sekolah  tentu para guru perlu ketrampilan yang cukup dan beberapa alat yang memadai. Terlebih di sekolah-sekolah yang berbasis kejuruan seperti di SMK N 2 Pekalongan, yang di dalamnya terdapat jurusan Komputer dan Jaringan. Jadi Kompetensi seorang guru yang mendidik sangant diperlukan dalam hal ini.

Terus bagaimana pandangan dari segi SAINS


Berbicara masalah sains, tentu kita tak jarang mendengar istilah praktikum. Sedangkan tujuan daripada praktek itu sendiri adalah  untuk memahami pemahaman teori dibalik suatu fenomena sains ini kadang tidak tercapai. Laporan praktikum kadang bisa menjadi hal yang 'sangat teknis' tapi belum tentu diikuti pemahaman terhadap suatu konteks. Terutama karena keterbatasan kemampuan untuk menginterprestasi data.


ICT versus SAINS

Belajar semua metode dalam sains tentu tidak mungkin. Tapi ketika menggunakan ICT dalam pmbelajaran sains, setidaknya perlu kemampuan untuk melakukan scientific reasoning (kemampuan menganalisa hubungan sebab akibat). Orang yang melek sains (scientifically literate) tidak akan menerima suatu informasi mentah-mentah, dia akan bertanya "Bagaimana mereka (penulis) ini mengetahui hal ini?  Valid gak? Metodenya tepat gak?" sebelum akhirnya mengambil kesimpulan.


Begitulah sedikit wacana bagi kita. ICT dan SAINS adalah sahabat

Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar